FE UNY JUARA 3 MACC 2018

Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Achmad Solekhan, Febriyanti Ratnasari, dan Setyo Wati berhasil menjadi Juara 3 dalam Maksi Accounting Competition (MACC) yang diadakan oleh Program Magister Sains FEB UGM, Jumat (28/9) lalu. Ketiganya merupakan mahasiswa Program Studi (prodi) Pendidikan Akuntansi angkatan 2016. Lomba tingkat nasional ini menguji tentang pemahaman akuntansi secara komprehensif mulai dari akuntansi biaya, Sistem Informasi Akuntansi, auditing, akuntansi sektor publik, hingga perpajakan.

Menyisihkan kurang lebih 30 tim dari seluruh Indonesia, tim UNY menjadi bagian dari 10 tim terbaik yang kemudian melaju ke babak grand final dan diikuti 4 tim terbaik. Dalam grand final yang berupa lomba debat, tim UNY yang dipimpin Achmad Solekhan akhirnya berhasil menempati peringkat ketiga.

Achmad menuturkan, masing-masing anggota tim membagi tugas dalam mempelajari materi-materi yang akan dilombakan. “Sebelum lomba, kami belajar bersama setiap setelah rapat Hima (Himpunan Mahasiswa). Selain itu, sambil bertugas sebagai admin (Pelatihan) Brevet Pajak di FE UNY, kami sempatkan juga belajar,” terangnya.
Meskipun berasal dari prodi Kependidikan, hal ini tidak menyurutkan semangat tim untuk mempersiapkan diri. “Kami harus belajar sendiri karena ada beberapa mata kuliah yang dilombakan belum kami dapatkan seperti auditing, dan ada juga mata kuliah yang baru kami dapatkan di semester ini seperti akuntansi keuangan lanjutan, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, dan sistem informasi akuntansi,” tambah Achmad.

Selain belajar secara mandiri, Achmad beserta tim juga berkonsultasi dengan dosen. “Kami yakin bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Kami sadar bahwa masih banyak materi yang baru kami dapatkan di semster ini tapi sebab itulah yang melecut semangat kami untuk belajar. Kami sangat bersyukur dengan hasil ini karena ini merupakan perlombaan yang kedua kami ikuti selama terbentuknya tim kami. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi serta mampu mengharumkan almamater kami,” terang Achmad yang dalam babak perebutan Juara 3 mengalahkan tim yang juga berasal dari UNY lainnya. (fadhli)