ETIKA MENGIRIM PESAN SINGKAT

ETIKA MENGIRIM PESAN SINGKAT YANG BAIK  DI LINGKUNGAN JURUSAN P.AKUNTANSI UNY

  1. Perhatikan waktu

Mengirim pesan pada hari dan jam kerja. Bapak / ibu Dosen dan sivitas akademika UNY tidak bekerja 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

  1. Menggunkan bahasa indonesia yang baik dan benar

Gunakan bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa gaul, alay atau singkatan tidak lazim (tidak umum) akan sulit dimengerti dan menimbulkan perbedaan persepsi.

  1. Dimulai dengan sapaan

Sapaan menunjukan sopan santun dalam bekomunikasi. Sapaan bisa menggunkan “Assalamualaikum” atau menggunakan”Selamat pagi/siang/sore”

  1. Sebutkan identitas dengan jelas

Bapak/Ibu dosen dan sivitas akademika UNY tidak hafal semua nama berserta nomor telepon/WA/Pin BBM dll.

  1. Ucapkan maaf

Penggunaan kata maaf menunjukkan penghormatan terhadap lawan bicara yang dikirimi pesan. Penggunaan kata maaf juga menunjukan kerendahan hati.

  1. Tuliskan keperluan dengan singkat dan jelas

Tuliskan keperluan dengan singkat dan jelas, tidak bertele-tele. Pesan yang bertele-tele akan membingungkan.

  1. Akhiri ucapan terimakasih

Ucapan terimaksih sebagai tanda terimakasih dan penghormatan kepada lawan bicara dalam mengirim pesan karena telah menganggu waktu lawan bicara

 

Contoh umum:

“Assalamualaikum, Wr. Wb., Saya Mahendra Adhi Nugroho Prodi Akuntansi 2016 kelas B. Maaf bu, Apakah besok ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? Terimakasih.”

 

“Selamat pagi, Saya Mahendra Adhi Nugroho Prodi Akuntansi 2016 kelas A. Maaf Bapak, Saya hendak menayakan mengenai nillai mata kuliah Statistika yang belum keluar. Kapan saya dapat menghadap Bapak? Terimakasih.”

 

“Selamat Siang, Saya Mahendra Adhi Nugroho Prodi Akuntansi 2016 kelas U. Maaf bu, Saya hendak berkonsultasi mengenai mata kuliah yang hendak saya ambil semester ini. Kapan saya dapat bertemu Ibu? Terimakasih.”