GENERASI CERDAS KEUANGAN - OJK DIY SELENGGARAKAN SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI MILENIAL

Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (OJK DIY) bekerjasama dengan Generasi Cerdas Keuangan (GCK) menyelenggarakan sosialisasi literasi keuangan dengan tema “Sosialisasi Literasi Keuangan: Membangun Generasi Milenial yang Cerdas Finansial”. Acara yang berlangsung di Eastparc Hotel Yogyakarta beberapa waktu lalu tersebut diikuti lebih dari 100 mahasiswa program S1 dan S2 dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta.

Beberapa materi yang disampaikan di antaranya: (1) pengenalan tugas dan fungsi OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen disampaikan oleh bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK DIY; (2) perkembangan akses keuangan di era keuangan digital disampaikan oleh Dr. Y. Sri Susilo dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI); (3) pengelolaan keuangan bagi generasi milenial disampaikan oleh Dr. Ratna Candra Sari, M. Si selaku direktur GCK sekaligus tim riset literasi keuangan FE UNY; dan (4) peran perbankan di era keuangan digital disampaikan oleh Daes Luriatmoko dari PT. BNI (Persero), Tbk.

Sosialisasi literasi keuangan penting dilakukan terlebih kepada para mahasiswa. Berdasarkan data yang disampaikan oleh tim bidang edukasi dan perlindungan konsumen DIY, indeks literasi sektor keuangan DIY berada pada angka 38,55 %. Angka tersebut secara nasional tertinggi ketiga setelah DKI Jakarta (40,00 %) dan Jawa Barat (38,70 %).

Diselenggarakannya sosialisasi literasi keuangan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan para mahasiswa terkait lembaga jasa keuangan, produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risikonya, hak dan kewajiban terkait produk jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk jasa keuangan. Jika pengetahuan seputar literasi keuangan semakin baik, maka diharapkan juga akan berimbas pada pengelolaan keuangan pribadi yang semakin baik pula. (mis/fad)