Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru

Hadirnya teknologi telah membuka peluang baru bagi masyarakat untuk memperoleh akses di berbagai bidang. Tidak hanya itu, integrasi teknologi ke bidang pendidikan menjadi langkah adaptif dalam menunjang pembelajaran. Guru yang menjadi ujung tombak pendidikan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat bantu pembelajaran (learning tools) dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran. Berbagai platform yang tersedia sebagai ragam teknologi pembelajaran mampu dimanfaatkan oleh pendidik dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran. Di sisi lain, representasi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran memerlukan stimulus agar mampu memahami secara detail. Peranan ini dapat membawa inisasi baru untuk mengadakan kegiatan berupa Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SMKN 7 Yogyakarta. Stimulus peningkatan kualitas pembelajaran di kelas melalui pelatihan ini diinisiasikan oleh Dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta bernama Arif Rahman Hakim, Yolandaru Septiana, dan Merinda Noorma Novida Siregar.

Kegiatan pelatihan Canva ini diikuti oleh guru SMKN 7 Yogyakarta dan dilaksanakan secara luring dengan harapan mampu membuat media pembelajaran interaktif. Adanya knowing every particular objective memberikan bentuk positif dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Stimulus yang diterima oleh pendidik berupa materi mengenai konsep media pembelajaran sekaligus tips dan trik menggunakan desain dari Canva. Ditambah lagi adanya praktik pengembangan media dan penjelasan teknis untuk mengasah kemampuan dalam mempelajari Canva dapat membentuk pemahaman peserta.

Peserta semakin antusias menyimak selama kegiatan pelatihan. Hal ini terbukti adanya kualitas penyampaian materi terhadap peserta sebesar 76,9% merasa materi yang diberikan berkualitas untuk menunjang pembelajaran. Lebih lanjut, respon peserta yang puas akan kegiatan pelatihan ini mampu menunjang pembuatan media interaktif sehingga mampu mewujudkan Indonesia cerdas sesuai SDG’s nomor empat terkait.