STARTUP WISATA KEGUAAN DUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL

Mahasiswa FE UNY kembali menorehkan prestasi. Kali ini, prestasi ditorehkan oleh Rizki Oktavianto yang merupakan mahasiswa berprestasi utama FE UNY 2021. Kolaborasinya dengan Aditia Pramudia Sunandar (Pendidikan Biologi 2017), Khoirunnisa (Biologi 2018), Angki Pranamukti (Pendidikan Teknik Informatika 2019), dan Rohsyam Sidik (Pendidikan Teknik Informatika 2020) menghasilkan Raihan Gold Medal pada ajang International Invention and Innovative Competition (INIIC) 2021 di Malaysia, hari Sabtu 12 Juni 2021. Event INIIC 2021 diikuti oleh 71 tim dari Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Pada event tersebut, Rizki dkk menulis paper yang berjudul Caventure as Innovative Cave-based Tourism and Education Platform Towards Society 5.0 in Yogyakarta. Caventure merupakan gagasan inovatif berupa aplikasi tentang pariwisata edukatif seputar keguaan di kawasan Yogyakarta. Ide ini dilatarbelakangi banyaknya goa khususnya di Yogyakarta yang berpeluang untuk dijadikan objek wisata edukatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat namun belum dioptimalkan.

Dalam penyusunan paper ini, Adit dan Khoirunnisa berperan dalam mengkaji aspek keguaan dari perspektif ilmu biologi. Angki dan Rohsyam sebagai pengembang prototipe aplikasi. Sedangkan Rizki berperan mengkaji dari aspek ekonomi dan pendidikan.

Dalam paper tersebut, Rizki mengemukakan bahwa platform Caventure selain dapat menjadi media wisata edukatif bagi wisatawan untuk memahami secara mendalam seputar karakteristik gua di Yogyakarta juga mampu berdampak pada perekonomian masyarakat lokal, di mana masyarakat lokal sekitar wisata gua dapat menjadi pengelola wisata dan membangkitkan UMKM di sekitar. 

"Sebagai mahasiswa, tentu sangat penting untuk menjalin kolaborasi untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Karena kita tidak akan bisa selamanya sendiri, kita bisa menjadi kuat karena kolaborasi," kata Rizki.