Webinar Prodi Akuntansi: Remote Audit, Kiat Auditor Menavigasi Pandemi

22 Agustus 2020. Pada On-Line Talk kali ini, Laboratorium Audit Jurusan Pendidikan Akuntansi mengadakan webinar dengan tema Remote Audit, tentang kiat-kiat dari praktisi audit atau auditor untuk menavigasi pandemi Covid-19. Lab. Audit yang dipimpin oleh Ibu Patriani W Dewanti, S.E., M.Acc., tersebut mengangkat tema yang tengah aktual di industri pengauditan yang seharusnya audit itu adalah banyak proses offline, menjadi on-line. Pembicara webinar kali ini adalah Ibu Galih Endah P, ST., S.E., Ak., CA., beliau adalah auditor senior di KAP Kumalahadi dengan pengalaman selama 15 tahun dan Ibu Dhyah Setyorini, S.E., M.Si., Ak., CA, Dosen Prodi Akuntansi FE UNY dan Pengurus IAI Wilayah Yogyakarta. 

Dalam webinar ini dibahas tentang E-audit yang menjelaskan tentang audit dengan bantuan teknologi informasi dalam melakukan tahapan audit (perencanaan pengujian pengendalian), pelaksanaan pengujian substantif, dan pelaporan. Value dari metode audit ini terletak pada potensinya untuk memberikan fleksibilitas untuk mencapai tujuan audit. Sub-bahasan antara lain adalah  langkah langkah untuk memastikan kerahasiaan dan keamanan harus dikonfirmasi saat pertemuan awal, tim audit harus mencegah akses dan penyimpanan informasi terdokumentasi yang melebihi kapasitas, tim audit perlu memiliki akses mengambil informasi lebih lanjut untuk melakukan analisis yang lebih mendalam, dan  Lebih penting untuk memperkuat kepercayaan pada audit proses.

Auditor juga tidak boleh mengambil tangkapan layar auditee sebagai bukti audit. Tangkapan layar apa pun dari dokumen atau catatan atau jenis bukti lain harus disahkan sebelumnya oleh yang diaudit organisasi. Auditor juga membuat rekaman pada setiap teleconference yang dilakukan , sebagai bukti audit pelaksanaan prosedur audit), meskipun tetap menggunakan berita acara, tetap dengan persetujuan auditee.

Webinar dihadiri sekitar 100 orang, baik dari kalangan umum, mahasiswa, dan dosen di lingkungan FE UNY. Kiat-kiat ini diharapkan akan bisa menjaga kualitas audit di tengah masa pandemi.