Deskripsi Prodi Pendidikan Akuntansi

Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi, UNY memiliki visi “Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Pendidikan Akuntansi yang unggul dan profesional di bidang pendidikan akuntansi berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan yang berwawasan ekonomi ke-rakyatan, berjiwa wira-usaha, dan berbudaya luhur serta menghasilkan lulusan responsif, adaptif, dan kompetitif”. Visi tersebut in-line dengan visi fakultas dan universitas. Untuk mencapai visi itu, Program Studi Pendidikan Akuntansi melaksanakan program pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan juga  pengelolaan manajemen kelembagaan. Evaluasi diri Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY menitik beratkan pada analisis Strength Weakness Opportunity dan Threat (SWOT) dan strategi pencapaiannya.

Kekuatan program studi ini terletak pada penyusunan visi misi yang melibatkan semua stakeholder dan kuatnya networking dengan para alumninya. Input mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi sangat baik. Program Studi Pendidikan Akuntansi masih merupakan program studi kependidikan yang favorit di mata masyarakat. Fleksibilitas dan adaptasi kurikulum yang berbasis KKNI memungkinkan lulusan bisa bekerja di negara ASEAN dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dunia bisnis yang mensyaratkan calon tenaga kerja untuk bersertifikasi tampaknya merupakan ancaman yang perlu diperhitungkan oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi. Dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), kemudian ujian sertifikasi dan lulus, maka yang bersangkutan bisa menjadi pesaing bagi lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi yang tanpa sertifikasi.

Program Studi Pendidikan Akuntansi memiliki struktur organisasi yang jelas tugas dan wewenangnya. Tiap bagian dalam manajemen program studi menjalankan tanggung jawabnya masing-masing. Program studi ini memiliki gugus kendali mutu yang berkewajiban untuk melaksanakan fungsi pengendalian di bidang akademik. UNY memiliki Satuan Pengawasan Internal yang bertugas mengendalikan aspek non-akademik, sampai ke program studi. Dengan demikian secara akademik dan non-akademik Program Studi Pendidikan Akuntansi senantiasa dikontrol atau dikendalikan oleh pihak-pihak lain dalam melaksanakan kegiatannya.

Kualitas mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY sudah cukup baik, dengan didukung oleh sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa yang prosedural, akuntabel, transparan, dan berbasis IT. Setelah melalui proses belajar mengajar di Program Studi Pendidikan Akuntansi, para mahasiswa memperoleh indeks prestasi kumulatif yang sangat baik (56,25% di atas 3,5). Waktu penyelesaian studi mahasiswa relatif pendek dengan rata-rata 4,5 tahun. Layanan yang diberikan kepada mahasiswa oleh Prodi Pendidikan Akuntansi cukup baik dalam hal pengembangan akademik maupun dalam hal pengembangan diri mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meraih prestasi di berbagai ajang kompetisi.

Kurikulum prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY sudah terintegrasi dengan visi dan misi fakultas dan universitas. Penyusunan kurikulum tersebut mengacu pada KKNI sehingga lulusannya memiliki penguasaan keilmuan pendidikan akuntansi yang memadai. Secara berkala kurikulum tersebut ditinjau agar lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan kurikulum disusun rencana pembelajaran semester (RPS) untuk tiap mata kuliah. Semua dosen diwajibkan agar dalam menyusun RPS disisipkan pesan-pesan moral agar mahasiswa dapat memiliki soft skill yang baik di samping keilmuan yang mumpuni. Adanya mata kuliah yang bersifat fakulter dan universiter sehingga mengurangi kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah pilihan yang dapat menambah kompetensinya.

Dari segi sumber daya manusia, dosen prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY semua sudah berpendidikan S-2, empat orang berpendidikan S-3, dan seorang bergelar profesor. Sebagian besar dosen-dosen tersebut sudah bersertifikasi pendidik. Setiap dosen memiliki pengalaman riset dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahunnya dan dengan melibatkan para mahasiswa. Bagi dosen-dosen yang masih berpendidikan S-2 sangat didorong untuk melanjutkan studi ke S-3, saat ini ada 5 (lima) dosen yang sedang melanjutkan studi S-3, empat di antaranya studi di luar negeri.

Kesempatan bagi para mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi untuk mengembangkan karir di bidang keguruan masih sangat besar. Hampir semua lembaga pendidikan atau pelatihan apalagi sekolah-sekolah membutuhkan tenaga guru. Hal ini tentu dapat memotivasi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang profesional. Selain itu, peluang beasiswa yang ditawarkan diantaranya adalah PPA, BBM, Bidikmisi, Bank Indonesia, Bank Mandiri, dan Lippo Group.

Peluang yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah makin terbukanya kesempatan untuk bekerja sama dengan lembaga lain terutama dalam dunia pendidikan. Bagi dosen-dosen muda, saat ini tersedia banyak tawaran beasiswa untuk studi lanjut baik di dalam maupun di luar negeri. Adanya peluang berupa teknologi informasi yang sangat pesat sangat memungkinkan dosen untuk mengembangkan diri. Berbagai tawaran call for papers dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi menjadikan dosen dapat memperluas wawasan dan pengalaman akademiknya.