Prof. Sukirno., S.Pd., M.Si., Ph.D., Guru Besar ke-126 dan Profesor Termuda UNY

Usai menyampaikan pidatonya yang bertajuk “Partisipasi Dosen Jurusan Pendidikan/Prodi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan di Daerah Istimewa Yogyakarta”, lelaki dengan jubah hitam dan mengenakan kalung berwarna biru dengan warna emas yang mengikat kalung kainnya tersebut mendapat sambutan yang meriah. Setelah itu, pembawa acara mempersilahkan lelaki tadi untuk maju dan menerima penghargaan dari ketua senat UNY, Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum.

Hari itu, Rabu, 12 November 2014, merupakan hari yang bersejarah dalam hidup Prof. Dr. Sukirno, M.Si., Ph.D., yang dikukuhkan oleh UNY menjadi guru besar ke-126. Pada pidato pengukuhannya, beliau menyatakan bahwa model pengambilan keputusan hasil rancangannya tersebut akan menghasilkan suatu keputusan yang lebih berkualitas dan diterima semua bawahan. Gaya kepemimpinan berhubungan dengan erat dengan proses pengambilan keputusan. Sedangkan SDM suatu instansi berhubungan erat dengan gaya kepemimpinan yang digunakan para pemimpin.

Pada tahun 2011, Prof. Sukirno juga memperoleh penghargaan “The Best Paper Award” dalam acara Asia-Pacific Conference on Educational Management and Leadership 2011, yang diikuti sekitar 300 peserta dari 15 negara di Asia-Pasifik. Acara bertaraf internasional ini diadakan di The Legend Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, pada 29 November-1 Desember 2011. Paper karya beliau yang memperoleh penghargaan ini berjudul “Do Reward System, Commitment, and Satisfaction Affect Lecturer Performance in Higher Education Institution in Indonesia?

Penghargaan tesebut bukanlah yang pertama diterima oleh Prof. Sukirno. Pada 21-22 Februari 2011, Prof. Sukirno juga memperoleh penghargaan untuk kategori best paper dari World Business Institute pada Asia Pacific Business Research Conference yang sedang dilaksanakan Malaysia pada waktu itu.

Biasanya seorang guru besar dikukuhkan di usia 48-50 tahun, berbeda dengan Prof. Sukirno, prefesor kelahiran Boyolali 14 April 1969 ini dikukuhkan menjadi guru besar ketika usianya baru 45 tahun. Oleh sebab itu, beliau tercatat sebagai guru besar termuda yang dimiliki UNY saat ini. Prof. Sukirno sudah mengabdikan diri selama 20 tahun di UNY merupakan alumni S1 UNY, S2 UGM, S3 di Asian Institute of Technology-Thailand. Bidang keahlian beliau antara lain managerial accounting, practical of accounting, statistics, financial management, human resources management, performance measurement, dan masih banyak lagi.

(Dirangkum dari majalah Pewara Dinamika UNY, Vol. 16, No. 82, Januari 2015)