KENALKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KKN

Minggu (06/03) lalu, tim generasi cerdas keuangan mengenalkan literasi keuangan pada anak-anak di balai desa pedukuhan Gedongan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta bersama dengan mahasiswa KKN-PPL UNY 035. Antusias dan semangat anak-anak terlihat saat pembelajaran berlangsung.

Di tengah-tengah hari libur mereka, anak-anak memilih untuk bermain dan belajar literasi keuangan. Maizura, salah satu anggota tim dari generasi cerdas keuangan pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang membedakan kebutuhan dan keinginan. Anak-anak mulai diajarkan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Dengan demikian diharapkan anak bisa lebih memprioritaskan kebutuhan mereka dan menjadi generasi yang cerdas keuangan.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FE UNY tersebut juga mengingatkan pada anak akan pentingnya menabung. Pengenalan literasi keuangan sejak dini sangat penting diterapkan. Karena secara sosiologis, pada usia anak-anak fase pembentukan diri dimulai, sehingga melalui pengenalan literasi keuangan ini diharapkan dapat mencetak generasi-generasi muda di Indonesia yang cerdas keuangan.

Keberadaan tim generasi cerdas keuangan ini bertekad untuk terus mengupayakan berbagai cara untuk mengenalkan literasi keuangan kepada anak-anak. Melalui berbagai sosialisasi tersebut diharapkan dapat mengajak para calon generasi cerdas keuangan agar selalu melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin. Sehingga anak menjadi generasi yang cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan.

Salah satu sosialisasinya yaitu melalui kerjasama dengan tim KKN PPL Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut diikuti oleh beberapa anak di sekitar Villa Bukit Asri. Harapanya, semakin banyak anak yang mengenal literasi keuangan akan semakin menumbuhkan generasi-generasi cerdas keuangan untuk masa depan kelak. (Maizura).