ACCELERATION 2016: Media Gelar Produk UMKM & Unjuk Bakat Kreatif

Acceleration (Accounting Cloth, Meal, Service, Art, and Passion) kembali diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi UNY untuk kedua kalinya. Pada tahun ini, Acceleration diadakan di Benteng Vredeburg dengan mengusung tema“Act Your’s Passion”. Acceleration 2016 merupakan event tahunan dan juga rangkaian acara dari UNY Accounting Fair 2016. Acara yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 5-6 November 2016 (09.00-21.00 WIB) menyediakan berbagai macam bazar yang terdiri dari 20 stand makanan, 17 stand pakaian, 2 stand jasa, dan satu stand lainnya. Selain itu juga diadakan tiga macam unjuk bakat atau passion, yaitu Photo Hunt, Coloring Competition, dan Acoustic Competition.

Pada hari Sabtu, 5 November 2016 diadakan Photo Hunt yang menjadi wadah bagi para photographer untuk menyalurkan hobi dalam dunia Fotografi. Pada kesempatan ini, tiga model dihadirkan oleh panitia untuk peserta Photo Hunt dan dibagi dalam dua sesi pemotretan. Sesuai dengan tema acceleration, model menggunakan kebaya pada sesi pertama dan kasual pada sesi dua.Berbagai komunitas FE juga turut serta memeriahkan acara hari pertama diantaranya ialah komunitas music dan dance. Sementara itu, Coloring Competition dilaksanakan pada hari Minggu, 6 November dan diikuti oleh 47 peserta dari berbagai TK se-DIY dengan tema “Berwarna dalam ragam budaya Indonesia”. Pada hari yang sama juga diadakan Acoustic Competition dan diikuti oleh 17 peserta yang berasal dari SMA dan SMK se-DIY dan Jawa Tengah. Peserta menyanyikan dua buah lagu, dengan salah satu lagu merupakan lagu wajib. Pemenang dari lomba ini adalah Rain Maker (SMA N 1 Ngaglik). Bersamaan dengan jalannya Coloring Competition dan Acoustic Competition juga diadakan live doodle dari Doodle Art Yogyakarta yang menghasilkan karya luar biasa.

Acara tidak akan berjalan meriah tanpa adanya pengunjung. Jumlah pengunjung yang datang pada Acceleration 2016 melebihi ekspektasi panitia. Pada hari pertama terdapat 2088 pengunjung yang mengunjungi stand bazar, sedangkan pada hari kedua jumlah pengunjung meningkat menjadi 2510 pengunjung. Jadi, jumlah keseluruhan pengunjung Acceleration 2016 adalah 4598 orang. Menurut Bekti dan Ratih, pengunjung acara Acceleration, “Acaranya sangat seru, masuknya juga gratis, dan stand yang ada lengkap. Makananya enak-enak dan semoga acara seperti ini bisa diadakan lagi.”

Jumlah pengunjung yang terbilang fantastic serta acara yang menarik tidak terlepas dari doa dan kerja keras seluruh panitia, hiburan dari pengisi acara, dan. keberadaan stand bazar. Salah satu pengisi tenant bazar, Dika (Okonomiyaki) berkata,”Pelayanan panitia untuk tenant bazar sudah sangat baik karena panitia mau membantu tenant bazar untuk loading barang. Acaranya juga sangat asik, tapi pengunjung masih merasa ragu untuk masuk  melihat-lihat bazar.” Ia juga memberikan saran untuk  panitia “Tempat bagi pengunjung lebih diatur lagi, supaya mereka merasa lebih nyaman dan tidak kepanasan. Namun, secara keseluruhan acaranya sudah bagus.”

            Acceleration 2016 juga menampilkan beberapa pengisi acara baik yang berasal dari pihak dalam (Fakultas Ekonomi dan UKM UNY) maupun pihak luar untuk menghibur pengunjung. Pengisi acara dari luar seperti Clavage, Ben Harlem, dan Blue Train mampu memeriahkan suasana. Acara puncak Acceleration 2016 ditutup dengan penampilan yang sangat energik dari DJ Wisnan.

            Acceleration 2016 yang berjalan selama dua hari mendapat respon positif dari berbagai pihak. Menurut Vania, panitia Acceleration 2016, “Acceleration tahun ini lebih terkonsep dengan baik, lebih rapi, dan lebih jelas pembagiannya. Target yang direncanakan tercapai dan benar-benar di atas ekspektasi panitia.” Vania juga berpesan, “Semoga tahun depan acceleration lebih baik lagi, intinya komunikasi tetap harus dijaga karena itu kunci keberhasilan suatu acara. Satu kata untuk Acceleration 2016 adalah Bombastis!!!” (Redaktur: Fatikha, Akt 2016)