Juarai Games Stocklab, Mahasiswa FE UNY Maju ke Tingkat Nasional

Senin (17/4) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) DIY menyelenggarakan kompetisi nasional games investasi pasar modal 2017 se-regional Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di kantor OJK DIY. Peserta yang mengikuti acara ini dari kalangan pelajar, mahasiswa dari berbagai kampus misalnya UNY, UGM, UII, UPN, STIE YKPN, Universitas Mercu Buana, serta masyarakat kalangan umum yang sudah bekerja. Acara ini merupakan Games kartu simulasi bermain saham yang disebut Stocklab yang dirancang oleh Moneylab. Juara 1 kompetisi ini dimenangkan oleh Calixtus Chrisna Andhika mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY Jurusan Pendidikan Ekonomi 2014.

Dalam mengikuti kompetisi Stocklab ini, banyak kendala yang dihadapi oleh para peserta dari KSPM FE UNY. Misalkan saja, minimnya pengetahuan tentang Kartu Stocklab yang mereka miliki karena anggota KSPM FE UNY baru mendapatkannya kurang dari 1 bulan. Kebanyakan mereka masih bingung tentang aturan bermain. Setiap pemain Stocklab ini harus mempunyai strategi untuk bermain supaya mendapatkan jumlah koin yang terbanyak dari kartu saham yang dimiliki pada akhir permainan.

Sedangkan salah satu kampus peserta kompetitor sudah mengenal kartu Stocklab sejak September 2016 sehingga sudah mempunyai kemampuan dan strategi yang lebih baik daripada anggota KSPM FE UNY. Namun demikian, peserta kompetisi dari anggota KSPM FE UNY tak mau kalah dengan yang lain. “Anggota KSPM FE UNY melakukan latihan seminggu 3x saat jam kuliah luang demi mempersiapkan diri untuk kompetisi ini,” terang Chacha, sapaan Calixtus. Juara 1 dan 2 pemenang kompetisi ini akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi selanjutnya tingkat nasional bertemu dengan perwakilan pemenang kompetisi Stocklab regional yang lain. Dengan ini, Calixtus Chrisna Andhika dan juara dua dari anggota KSPM UPN akan mewakili DIY untuk melaju ke tingkat nasional.

Selain meraih juara 1, anggota Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FE UNY juga meraih mendominasi 10 besar yang terdiri dari Maulana Irfandi (mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2016) yang meraih Juara 3, Bonyfasius Anggada Putra (Pendidikan Akuntansi 2014) sebagai Juara 7, dan Putri Ragil Oktiyaningrum (Akuntansi 2016) meraih Juara 9. (cha/fadhli)