DIKSI SERVICE MENTORING LESSONS 2018

Pendidikan adalah suatu wadah untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dalam pembentukan karakter. Seiring dengan berkembangnya waktu maka pendidikan dapat diperoleh melalui sektor formal dan informal, seperti sekolah, tempat kursus, buku-buku, dan media lainnya. Pendidikan sangatlah penting bagi setiap individu. Pada waktu sekarang ini, pendidikan penting dan mendukung dalam membentuk masa depan. Dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1 disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Akan tetapi masih banyak orang yang masih kurang peduli akan pentingnya pendidikan tersebut.

Mengingat betapa pentingnya pendidikan, mahasiswa program study pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta berinisiatif melakukan suatu kegiatan mentoring pembelajaran yang berguna sebagai suatu sarana yang dapat membantu dalam bidang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan merekrut volunteer yang berasal dari mahasiswa program study pendidikan akuntansi untuk mengajar dan berbagi ilmu kepada orang lain, yang mana kegiatan ini diberi nama Diksi Service Mentoring Lessons (DSML).

Pada tahun ini kegiatan DSML dengan tema “Membangkitkan Jiwa Peduli Terhadap Sesama dengan Berbagi Ilmu yang Bermanfaat Melalui Diksi Service Mentoring Lessons 2018” yang dilakukan di Panti Asuhan Nurul Haq yang berlokasi di jalan Janti Gang Gemak, No. 88, Gedongkuning, Banguntapan Bantul, DIY. Kegiatan DSML pada kali ini dilakuakan sebanyak 6 kali pertemuan yang dilakasanakan pada tanggal 10 Maret 2018 dan diakhiri dengan penutupan pada tanggal 1 April 2018.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan DSML, baik untuk peserta didik maupun volunteer dari kegiatan ini sendiri. Bagi mahasisiwa pendidikan akuntansi kegiatan ini bisa menjadi ajang latihan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan, baik teori mengajar, strategi pembelajaran, dan manajemen kelas. Diharapkan kegiatan ini juga dapat membantu mahasiswa program study pendidikan akuntansi agar dapat menjadi seorang guru yang baik dan dapat menghadapi kelakuan, sifat, karakter maupun latar belakang yang berbeda disetiap individunya. Bagi peserta didik diharapkan dengan kegiatan ini dapat lebih memahami pelajaran dan dapat terbantu ketika mengalami kesulitan dalam pelajaran. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi pembaca untuk lebih memperhatikan dalam segala sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. (dyahayurahma98)