"Accounting to face the 4.0 Industry" menjadi tema Smart Accounting Competition 2018 HIMA DIKSI

Smart Accounting Competition merupakan salah satu event lomba akuntansi tingkat mahasiswa yang diadakan oleh HIMA Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Smart Accounting Competition sudah diadakan 2 kali, ini merupakan tahun kedua. Smart Accounting Competition merupakan satu rangkaian acara dengan Lomba Cerdas Cermat Akuntansi. Smart Accounting Competition tahun 2018 diadakan pada tanggal 17 November 2018 tepatnya di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema Accounting to face the 4.0 Industry. Smart Accounting Competition diadakan dalam 2 tahap, yang pertama tahap Prelimenary atau yang sering disebut dengan seleksi secara online dan tahap kedua yaitu tahap Penyisihan. Dalam tahap pertama Smart Accounting Competition diikuti oleh 64 tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah mengikuti seleksi secara online akan diambil 20 besar tim yang lolos tahap preliminary, yang kemudian 20 tim tersebut akan ikut tahap selanjutnya yaitu tahap penyisihan yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam Smart Accounting tahun 2018 dibuka pada pukul 08.00 dimana para peserta 20 besar datang ke Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 20 tim yang masuk dalam tahap penyisihan berasal dari berbagai daerah yaitu ada Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Aisiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Tarumanegara, Universitas Perbanas, dan Universitas negeri Jember. Setelah acara dibuka oleh MC, acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia yang dipimpin oleh Diksi qustik yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Jaya, setelah menyanyikan lagu Indonesia raya kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan yang pertama diberikan oleh ketua panitia saudari Nurlaela, yang kedua yaitu sambutan dari pembimbing Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi bapak Rizqi Ilyasa Agni S.Pd, M.Pd. dilanjutkan sambutan ketiga sekaligus membuka acara Smart Accounting Competition oleh Ibu Adeng Pustika Ningsih S.E, M.Si selaku Tim Ahli Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan tahap penyisihan yang pertama, peserta SAC diarahkan untuk memasuki ruangan untuk mengerjakan soal penyisishan tahap pertama. Setelah menyelesaikan penyisihan tahap pertama 20 tim kembali diarahkan ke ruang Auditorium FE UNY. Sembari menunggu pengumuman 6 besar tim yang lolos untuk tahap selanjutnya, para peserta disuguhkan beberapa hiburan seperti StandUp Comedy dan Diksi Kuistik. Setelah itu acara yang selanjutnya yaitu pengumuman 6 besar tim yang lolos untuk tahap selanjutnya, tim yang lolos 6 besar yaitu UGM tim A, UGM tim B, UGM tim C, Unnes, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Perbanas

Dalam tahap selanjutnya 6 tim yang lolos harus melakukan presentasi tetang isu yang akan ditentukan oleh panitia, dan para peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk membuat PPT yang akan digunakan sebagai bahan persentasi. Dalam SAC tahun ini isu yang digunakan dalam presentasi oleh peserta yaitu berkaitan dengan pengelolaan Dana Desa sebagai upaya pembanguanan negara.

Selama sesi presentasi tim yang mendapat urutan 2-6 harus menunggu di ruang karantina sedangkan tim yang mendapat urutan pertama akan melakukan presentasi yang dilakukan di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah semua melakukan presentasi, acara selanjutnya yaitu pengumuman 3 besar yang lolos Final. Tim yang lolos ke Final yaitu UGM tim A, UGM tim C dan Universitas Tarumanegara. Tim yang lolos ke Final akan mengikuti beberapa tahapan seperti tahapan wajib, lembaran dan rebutan.

Setelah melakukan tahap Final, ditanyakan bahwa juara pertama diraih oleh universitas Tarumanegara , juara kedua diraih oleh UGM tim A, dan juara ketiga diraih oleh UGM tim C. Penyerahan kenang-kenangan dan hadiah diserahkan oleh juara ketiga oleh bapak Endra Murti Sagoro S.Pd, M.Sc, juara kedua oleh bapak Ponty SP Hutama, S.E ., M.Si., Ak., CA dan  juara pertama oleh bapak Sony Warsono MAFIS., Ak., CA., Ph. D. selaku perwakilan dari akuntamatika.

Dengan diserahkan hadiah dan kenang-kenangan oleh paara juri, hal tersebut juga sebagai akhir dari kegiatan Smart Accounting Competition 2018.