IMB FE UNY DAMPINGI KLIEN BELI PRODUK

Suatu lembaga perlu melakukan evaluasi diri agar bisa lebih berkembang. Salah satu cara evaluasi diri adalah dengan melakukan studi banding dengan lembaga sejenis. Demikian halnya yang dilakukan oleh Baitul Mal wat Tamwil (BMT) UNISBA yang dimiliki Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (UNISBA) ketika berkunjung ke FE UNY, Senin (8/4) lalu. Sebanyak 15 orang pengurus BMT UNISBA yang didampingi dosen pembimbing melakukan kunjungan studi banding dengan Islamic Mini Bank (IMB) yang dikelola Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Rombongan dari Jawa Barat ini dipimpin oleh Ifa Hanifia Senjiati, M.Si dan didampingi Popon Srisusilawati, M.E.Sy.

 

Pembina IMB FE UNY Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak. didampingi Direktur IMB FE UNY 2019 Chandra Bagus menerangkan bahwa IMB FE UNY memiliki tujuan utama sebagai learning center. “Kami menempatkan ini sebagai yang utama, sementara profit di nomor sekian. Sebisa mungkin memenuhi akad syariah. Bahkan, kalau klien kami ingin membeli suatu produk, kami damping pembeliannya secara langsung,” terang Mimin.

 

“Selain itu, kami juga bekerja sama dengan praktisi perbankan Islami di Yogyakarta. Semua pengelolaan lembaga ditangani oleh mahasiswa. Beberapa dosen menjadi Dewan Syariah,” lanjut Mimin.

 

Ifa mengungkapkan, BMT Fasya UNISBA memang ingin belajar kepada lembaga yang serupa. “Kami mencari info tentang berbagai BMT yang serupa dengan kami. Tapi hanya sedikit sekali yang dikelola mahasiswa. UNY adalah salah satunya yang sampai saat ini berjalan cukup baik. Oleh karena itu, kami ingin belajar dan becermin dari pengelolaan IMB di FE UNY,” ujarnya. (fadhli)