FE UNY SANTUNI YAKETUNIS

Bertempat di gedung serba guna milik SLB/A Yaketunis, Fakultas Ekonomi (FE) UNY memberikan santunan kepada para penghuni Panti Asuhan Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis), di Jalan Parangtritis No 46, Yogyakarta, Jumat (9/8) lalu. Rombongan diterima oleh 25 anak asuh beserta para pengelola Panti Asuhan Yaketunis. Rombongan terdiri dari beberapa pejabat dan perwakilan organisasi kemahasiswaan di Fakultas serta pengurus kegiatan kerohanian.

 

Rombongan FE UNY yang dipimpin Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Isroah, M.Si. menyatakan semoga santunan yang diberikan bisa menjadi penjalin silaturahmi. "Semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semua," terangnya. Sekretaris Yaketunis, Wiyoto menceritakan sejarah berdirinya Yaketunis. Berdiri sejak 12 Mei 1964, Yaketunis yang kini hampir seusia UNY didirikan oleh seorang tunanetra bernama Supardi Abdussomat guna mengangkat harkat dan martabat kaum tunanetra.

 

Yaketunis juga menjadi salah satu pemrakarsa Alquran Braille di Indonesia bahkan Asia Tenggara meskipun sekarang sudah ditangani lembaga lainnya. "Beberapa alumni anak asuh dari Yaketunis juga lulus dari berbagai PT, termasuk UNY dan kini mengabdi menjadi PNS di berbagai penjuru Indonesia," lanjut Wiyoto. Ust Eki Firdaus dalam tausiyahnya mengajak para hadirin untuk lebih mensyukuri nikmat. "Berkunjung ke sini adalah salah satu terapi syukur," ucapnya. Mereka yang diberikan ujian tunanetra, Eki melanjutkan, sudah lebih dekat dengan surga. "Justru kita yang normal akan ditanya, untuk apa saja mata ini kita gunakan," tambahnya. (fadhli)