Sejarah Singkat Prodi Akuntansi

Program Studi Akuntansi berdiri sejak tanggal 10 Juni 2004, sesuai SK DIKTI No. 2018/D/T/2004 bernaung di bawah Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi  (FISE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Berdasarkan analisis SWOT, Program Studi Akuntansi menyusun visi sebagai rencana masa depan yang merupakan penjabaran sekaligus langkah strategis untuk merealisasikan visi universitas maupun fakultas. Visi misi program studi disusun  melalui mekanisme  secara konsisten sejalan dengan  visi misi universitas dan fakultas, demikian pula tujuan program studi merujuk dari tujuan universitas yang merupakan turunan dari misi yang telah dirumuskan. Visi yang disusun bersifat futuristik, menantang dan memotivasi seluruh warga sivitas akademik, realistik, dan konsisten dengan visi universitas.

Adapun rujukan yang digunakan merupakan sumber informasi yang diyakini kuat legal secara akademik, antara lain : Risalah rapat jurusan, hasil lokakarya tinjauan ulang kurikulum sekaligus tinjauan ulang visi misi program studi melalui rapat jurusan (dewan dosen), workshop kurikulum, Renstra dan peraturan perundang-undangan yang terkait.  Pihak-pihak yang terlibat antara lain dosen tetap, perwakilan mahasiswa, dosen tamu, alumni dan mitra kerja baik dari lembaga pendidikan maupun dunia usaha dan industri.

Untuk merealisasikan visi, atas arahan Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE UNY, Ketua Program Studi menjabarkan visi tersebut ke dalam misi, strategi, tujuan, sasaran, serta kegiatan operasional Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan dilaksanakan oleh pengelola program studi, seperti Ketua Program Studi, ketua laboratorium, pembimbing kegiatan kemahasiswaan, para dosen sebagai staf akademik, dan staf administrasi.

Penjabaran visi program studi diarahkan demi terciptanya  penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, partisipasi aktif dosen dalam kegiatan penelitian, publikasi karya ilmiah, pengabdian pada masyarakat, serta partisipasi aktif lainnya secara terarah dan berkelanjutan yang mampu memfasilitasi Program Studi menghasilkan lulusan yang bernurani, kompeten dan berjiwa entrepreneur.