Talkshow; Meninjau Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Sebagai Kekuatan Indonesia Menghadapi MEA

Talkshow Hima Akuntansi

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akuntansi mengadakan acara TALKSHOW yang bertemakan “MENINJAU EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA SEBAGAI KEKUATAN INDONESIA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN”. Talkshow kali ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Harry van Jogja sebagai tukang becak dan penulis buku ”The Becak Way”, Joko Sudadiyo sebagai owner Art Batik Painting, dan Agus Hadiprayitno sebagai owner D’Gejrot dan Businnes Coach. Acara talkshow ini di moderatori oleh bapak Ponty SP Hutama, S.E., M.Si., Ak. Talkshow yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 Maret 2015, bertempat di Ruang Ramah Tamah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa bahwa saat ini Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang membuat khawatir berbagai kalangan dan profesi di negara kita karena berhadapan langsung/bersaing dengan orang asing yang boleh bebas masuk ke Indonesia.

Acara HIMA Akuntansi ini memberikan banyak manfaat kepada para peserta dan pengurus untuk memberikan kekuatan atau kepercayaan diri dalam menghadapi MEA yang akan dimulai akhir tahun 2015. Dari ketiga pembicara tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam menghadapi MEA perlu inovasi terus-menerus dan memulai suatu bisnispun tidak boleh malu atau gengsi. Kita harus pintar menyesuaikan diri dengan lingkungan dalam menghadapi MEA serta menguasai Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Budaya juga berperan penting dalam eksistensi ekonomi kreatif Indonesia dan dalam menghadapi MEA, inovasi harus terus dikembangkan agar tetap kuat dalam mampu bersaing. Salah satu pembicara, Joko Sudadiyo, menekankan pada ide dan inovasi ekonomi kreatif. Kemudian pembicara berikutnya, Harry van Jogja, menekankan pada pemasaran produk ekonomi kratif, dan Agus Hadiprayitno lebih kepada motivasi dalam memulai bisnis.

TALKSHOW dimulai dengan hiburan dengan alunan musik akustik oleh Tyo and Friends untuk menyambut peserta yang datang. Tepat pada pukul 09.00 WIB moderator dan narasumber mulai membicarakan MEA, lalu dilanjutkan dengan sesi pelatihan bisnis oleh coach Agus Hadiprayitno dengan pembahasan materi tentang bisnis yang disampaikan. Acara berakhir tepat pukul 12.00 WIB.(Antari/Andryzal)